5 Situs Bersejarah Terkenal Di Dunia

Bisa membayangkan bagaimana usaha orang-orang terdahulu yang masih tradisional dapat membuat karya bahkan situs bersejarah dengan ukuran yang sangat besar dengan arsitektur yang memiliki nilai estetika? Karya fenomenal masa lampau identik dengan bebatuan, menjadi peninggalan yang berharga di berbagai belahan dunia.

Mengunjungi situs yang menjadi jejak sejarah, bisa menjadi pilihan yang pas bagi Anda untuk mengisi waktu liburan dengan sensasi yang berbeda. Setiap tahun, jutaan orang mendatangi dan melihat sendiri bagaimana megahnya bangunan tersebut.

Ada banyak tempat bersejarah yang sangat mengagumkan di dunia. Anda bisa berlibur sambil mempelajari perjalanan di abad silam. Sungguh menarik. Inilah beberapa destinasi wisata bersejarah di dunia yang bisa kamu kunjungi.

Piramida Giza di Mesir

Piramida Giza yang sangat legendaris dibangun pada sekitar tahun 2560 SM. Piramida ini menjadi piramida terbesar sekaligus tertua dari ketiga piramida yang terletak di Mesir. Sebutan lain dari piramida ini adalah Piramida Khufu atau Piramida Cheops.

Pembangunan Piramida Giza di masa lalu menyimpan rahasia besar, ditambah dengan bangunan yang telah bertahan lebih dari 4500 tahun ini. Selama bertahun-tahun, banyak teori  bermunculan menjelaskan mengenai misteri konstruksi piramida yang megah ini.

Berdasarkan pernyataan dari ahli Egiptologi, Piramida Giza kemungkinan besar diperuntukkan bagi Dinasti ke empat yakni Firaun Khufu. Anda perlu melihat secara langsung betapa menakjubkannya situs bersejarah ini.

Stonehenge di Inggris

Stonehenge merupakan monumen bersejarah yang berlokasi di Wiltshire, Inggris. Pada mulanya bentuk bebatuan di situs ini diatur melingkar lalu runtuh sebagian sering berjalannya waktu. Arkeolog meyakini bangunan kuno ini didirikan sekitar 2000 SM melalui beberapa fase. Situs ini masuk ke daftar situs warisan dunia UNESCO pada tahun 1986. 

Ada banyak pendapat dan perdebatan dari para ahli sejarah mengenai situs bersejarah ini. Beberapa peneliti memiliki prediksi mengenai pola situs dan penggunaannya di masa lalu. Ada juga yang berpendapat bahwa terdapat semacam kekuatan magis yang terlibat dalam proses pembangunan. Sebagian lagi meyakini bahwa situs ini dulunya digunakan sebagai tanah kremasi.

Easter Island/ Pulau Paskah di Chile

Pulau ini populer karena memiliki sebanyak 887 patung yang berbentuk menyerupai manusia yang monumental. Nama dari patung-patung raksasa yang diciptakan oleh orang-orang Rapa Nui tersebut bernama Moai.
Easter Island atau Pulau Paskah terletak di Samudra Pasifik bagian barat Chile, di titik paling tenggara Segitiga Polinesia. Moai terbuat dari sebagian abu vulkanik yang sudah dicampur dengan basal. Pada 1995, pulau ini dinyatakan masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia, UNESCO.

Parthenon di Yunani

Parthenon dibangun pada abad ke-5 SM, diketahui situs ini adalah bekas kuil yang sengaja dibangun untuk Dewi Yunani Athena. Kuil ini dibangun selama puncak kekaisaran Athena sekitar 447 SM, namun sebagian bangunan dihancurkan dalam invasi Persia 480 SM. Meski Parthenon berada dalam kondisi yang tidak lagi utuh, tapi bangunannya masih menjadi salah satu tempat bersejarah yang paling terkenal di seluruh Eropa.

Di akhir abad keenam masehi, bangunan ini berubah menjadi gereja Kristen dan sempat beralih fungsi menjadi masjid di awal 1460-an. Pada saat itu kekuasaan berada di bawah rezim Ottoman. Pada tahun 1657, situs yang mengandung nilai sejarah ini dikepung dan hancur akibat ledakan bom dari Venesia.

Tembok Besar China di China

Tembok besar China adalah rangkaian benteng yang terbuat dari batu dan material bumi lainnya. Bahan yang digunakan sebagai perekat bebatuan adalah tepung beras. Pembangunannya dibagi dalam beberapa fase sehingga menjadi gabungan tembok terpanjang yang pernah dibuat manusia. Keren banget ya!

Diketahui tembok ini memiliki panjang yang yang dapat disetarakan dengan melintasi 9 provinsi dan kota di China. Tembok yang juga berfungsi untuk benteng ini dibangun oleh Kaisar Tiongkok pertama, Qin Shi Huang dalam waktu 220-206 SM. 

Maksud utama berdirinya tembok ini adalah untuk melindungi kekaisaran China dari kawanan nomaden di utara. UNESCO turut memasukkan tembok megah ini sebagai salah satu warisan dunia pada tahun 1987. Ini bisa banget menjadi situs sejarah yang Anda kunjungi saat berlibur di China.

Nah itulah 5 destinasi bersejarah yang paling fenomenal dan populer di dunia. Tempat-tempat tersebut bisa banget masuk ke dalam wishlist Anda jika berkunjung ke luar negeri. Dengan mengunjungi situs-situs tersebut, bisa sambil travelling sekaligus memperkaya wawasan Anda.